Friday, June 11, 2010

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil


Di negeri Cina, madu telah digunakan sebagi bahan untuk membantu mempermudah proses kelahiran. caranya adalah dengan menjadikan madu sebagia cairan pada otot dengan tingkat konsentrasi 80%. Para ahli di Cina mengetahui bahwa ibu hamil yang diberi madu proses kelahiranya menjadi lebih mudah. Proses terjadinya pembukaan liang juga menjadi lebih cepat.

Hal ini dapat terjadi karena madu mengandung zat prostagelandine yang dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

Madu selain membantu proses kelahiran, madu juga dapat membantu ibu pada saat menjalani masa-masa nifas. Pemberian madu pada saat ini sangat penting karena madu mempunyai zat gizi yang tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu saat menyusui. Oleh karena itu banyak dokter di Jepang merekomendasikan untuk mengkonsumsi madu setiap hari selama masa nifas.

Manfaat madu pada saat hamil antara lain:

1. Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan

2. Menambah nafsu makan bagi ibu hamil

3. Untuk melindungi Janin dari keracunan
sumber: Terapi Madu (Prof.dr.Sa’id Hamad)

Madu memiliki banyak keistimewaan dibanding zat pemanis lainnya, kandungan gizinya pun tinggi, diantaranya zat gula(glukosa dan fruktosa) , asam amino, dan vitaminnya diantaranya thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, asam askorbat, juga mengandung kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi,phosphor, mangan, dan sulfut.

Nah dilihat dari banyaknya kandungan asam folatnya, madu sangat baik untuk dikonsumsi ibu-ibu hamil. Karena asam folat merupakan nutrein penting bagi pertumbuhan janin. Karena jika ibu hamil mengalami kekurangan asam folat pada masa awal kehamilan dapat menyebabkan bayi yang lahir akan beresiko mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf.

Source : dari berbagai sumber

1 comment:

  1. jom singgah blog sy
    http://ummirdina.blogspot.com/

    ReplyDelete