Friday, July 9, 2010

Kalsium untuk Ibu Hamil? Harus itu...


Fani (25 tahun), merasa berbunga-bunga saat dokter kandungan menyatakan dirinya positif hamil empat minggu. Sudah cukup lama dia menantikan momen berharga ini. Begitu tahu dirinya hamil, Fani langsung mencari literatur tentang makanan yang harus dikonsumsinya selama mengandung. Dari literatur yang dibacanya, disebutkan bahwa ibu yang tengah berbadan dua amat disarankan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

Zat ini menjadi penting karena berguna untuk pembentukan tulang pada janin, juga gigi kelak dia besar. Kalsium amat dibutuhkan wanita kala memasuki trimester kedua dan ketiga masa kehamilan. Pasalnya, pada trimester kedua itulah janin mulai tumbuh dengan pesat dibandingkan masa trimester pertama. Bahkan, kecepatan pertumbuhannya diperkirakan mencapai 10 gram per hari. Menakjubkan bukan?

Selama kehamilan, kebutuhan akan zat kalsium mencapai 1.200 mg per hari dibanding kebutuhan manusia normal 1.000 mg per hari.


Langkah apa saja yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium? Ada 9 langkah praktis yang bisa dilakukan, yakni:
1. Mengonsumsi makanan sumber kalsium, seperti susu, keju, kedelai, tahu, tempe, daun kelor, bayam, udang, teri dan daun talas

2. Hindari minum seduhan teh atau kopi lebih dari 3 gram per hari

3. Hindari minum yang mengandung soda, apalagi alkohol, karena mempengaruhi penyerapan kalsium

4. Hindari makanan berserat terlalu banyak, terutama minuman serat yang banyak diiklankan, karena serat mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap kalsium

5. Minumlah minuman yang mengandung Lactobacillus (misal yoghurt) untuk membantu penyerapan kalsium

6. Hindari konsumsi obat yang mengandung kortikosteroid (biasanya banyak terdapat pada obat untuk asma)

7. Lakukan olahraga teratur selama kehamilan

8. Berjemur di bawah matahari pukul 07.00-08.00 lebih kurang 15 menit

9. Jika merasakan keluhan perut kembung bahkan sembelit saat mengonsumsi suplemen kalsium, coba kurangi dosisnya. Secara bertahap baru ditambah kembali.

Mau bayi yang dilahirkan sehat dengan tulang kuat bukan? Pastikan kebutuhan kalsium si kecil tercukupi sejak dalam kandungan...


Source : http://www.hanyawanita.com/_mother_child/pregnancy/article.php?article_id=2103

No comments:

Post a Comment