Tuesday, July 6, 2010

Cara scan Virus, Trojan, Malware, dan Spyware dengan ComboFix


Jika kamu merasakan bahwa computer/ desktop/ notebook kamu terinfeksi Virus, Trojan, Malware ataupun Spyware, sehingga kinerja dari computer/ desktop/ notebook kamu jadi lambat, jadi bermasalah, nah disini saya perkenalkan satu aplikasi Anti Virus, Trojan, Malware, dan Spyware yang menurut saya cukup handal untuk anda, dan selama ini selalu saya pakai, yaitu… “ComboFix”.

Berikut ada beberapa cara bagaimana untuk menjalankan atau menscan computer/ desktop/ notebook dengan aplikasi ComboFix ini :
1. Download aplikasi ComboFix di http://www.bleepingcomputer.com/combofix/how-to-use-combofix,
cari tulisan

“Using ComboFix ………..
Next you should download ComboFix from one of the following URLs:
• BleepingComputer.com
• ForoSpyware.com ......"


Klik “BleepingComputer.com or ForoSpyware.com” untuk memulai proses download (sampai artikel ini dimuat, all Free alias Gratis). Simpan di Desktop saja, supaya gampang kamu carinya nanti.

2. Setelah selesai download, cari aplikasi ComboFix yang kamu download di desktop kamu, untuk memulai proses scan, double klik saja aplikasi tersebut. Setelah itu akan muncul layar yang menanyakan apakah anda setuju dengan proses bla..bla.. ini, silahkan klik Yes saja, dan setelah itu akan muncul layar biru seperti command.com, itu petanda proses scanning telah berjalan, semua proses di windows akan dinonaktifkan sama aplikasi ini, biarkan saja sampai proses scanning selesai. Lamanya proses ini kurang lebih sekitar 10 menit, tetapi kesemua ini tergantung dari spesifikasi computer masing-masing.





3. Setelah proses scanning selesai, pada umumnya, aplikasi ini akan meng-restart computer anda. Dan setelah restart, aplikasi ini akan menampilkan laporan mengenai hasil scanningnya (log Report). Selesai sudah semua proses scanning. Semoga semuanya Virus, Trojan, Malware ataupun Spyware yang ada di computer anda terhapus sudah.

4. Sebagai tambahan terakhir, jika menurut anda setelah scanning, masih kurang OK. Disarankan jalankan proses scanning dari Safe Mode, restart computer anda, kemudian masuklah ke “safe mode”, dan jalankanlah ComboFix dari sana. Umumnya Virus, Trojan, Malware ataupun Spyware tidak akan aktif pada kondisi Safe Mode.

ComboFix yang didownload hanya berlaku selama beberapa hari saja, dan jika dikemudian hari anda mau coba scan, dan ternyata tidak bisa, anda bisa download kembali. Oh ya, penulis memakai Windows Vista ketika menjalankan proses ComboFix ini, dan jika ada sedikit perbedaan pada saat proses menjalankan ComboFix, harap cari tahu lagi ya…

Selamat mencoba dan semoga membantu.

No comments:

Post a Comment